Senin, 26 November 2012

pola makan bayi baru lahir

Pola Makan Bayi Baru Lahir



Selama 40 minggu masa kehamilan ibu hamil tentunya telah belajar bagaimana cara merawat bayi baru lahir. Pada saat proses melahirkan ibu mulai pada ambang batas antara menjadi ibu hamil atau menjadi seorang ibu yang mempunyai bayi baru lahir. Dengan penanganan yang tepat, bayi baru lahir dapat tumbuh sehat dan memiliki tingkat imunitas terhadap penyakit yang optimal.

Pada awal kelahiran bayi anda anda mungkin terusik dengan tangisan bayi dengan interval jam tertentu dalam 24 jam. Memang pada bulan pertama kelahirannya bayi sering menangis dan biasanya rasa lapar merupakan penyebab utama kenapa bayi sering menangis. Tangisan karena rasa lapar ini sebetulnya perlu ibu sukuri karena dengan ini ibu diingatkan oleh bayi bahwa ibu harus segera menyusuinya karena ancaman penyakit kuning akibat bayi kurang asupan makanan menghantui ibu menyusui di masa ini.

Sebab lain kenapa bayi menangis sewaktu merasa lapar ialah bayi yang baru lahir tidak terbiasa dengan sensasi lapar yang dirasakannya. Sensasi lapar ini menusuk perutnya dan sangat berbeda kondisinya ketika bayi masih berada di dalam kandungan yang terbiasa menelan air ketuban. Bayi sering merasa lapar karena memang pada saat bayi baru lahir, lambung bayi belum terbiasa menampung makanan dalam jumlah yang besar. Asupan makanan berupa ASI maupun susu formula ini baru bisa dia serap dengan jangka waktu 2 atau kurang setelah itu bayi akan merasa lapar kembali. Terkait dengan hal ini sebetulnya pemberian ASI kepada bayi setiap 2 jam sekali itu merupakan hal yang dianjurkan oleh ahli kesehatan di dunia. Perlu ibu ingat bahwa keadaan bayi ibu dan bayi lainnya mungkin berbeda. Karena hal inilah sebaiknya ibu memberi ASI kepada bayi sesering mungkin mengingat ada juga bayi yang tidak menangis walaupun dia merasa lapar. Akibatnya akan terjadi kasus bayi kuning dan bayi perlu perawatan khusus agar pertumbuhannya tetap optimal.

Beberapa masalah pada bayi baru lahir sebetulnya telah ada solusinya masing-masing sehingga kami yakin seorang ibu yang baru melahirkan anak pertama sekalipun dapat menyelesaikan masalah bayi baru lahir tersebut. Menjadi seorang ibu dan seorang ayah merupakan anugrah dari Tuhan. Bersukurlah selalu anda berdua telah diberi kepercayaan oleh-Nya untuk mengasuh dan membesarkan bayi. Masih banyak mereka yang telah menikah lama namun sampai sekarang belum mendapatkan kehamilan. Mengingat hal ini hindarilah perasaan benci kepada bayi (baby blues) yang mungkin muncul pada ibu dan ayah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar