Jumat, 15 Maret 2013

Manfaat Pisang




Pisang, buah eksotis ini telah memberikan banyak manfaat bagi kehidupan kita sehari-hari. Apakah diiris dan ditabur di atas sereal atau dicampur dalam smoothie, berikut adalah delapan manfaat pisang bagi kesehatan Anda.

1. Diet
Satu buah pisang memiliki 11% dari serat makanan dan hanya sekitar 108 kalori. Serat dalam pisang tidak hanya melakukan pencernaan biasa, tetapi juga membantu menjaga gula darah rendah dari makanan dengan karbohidarar yang berlebih.

2. Menjaga Tekanan Darah
Studi menunjukkan bahwa jumlah kalium yang tinggi dalam pisang (lebih dari 13%) dapat menurunkan tekanan darah seseorang, yang mengurangi kemungkinan seseorang terkena serangan aterosklerosis, jantung dan stroke.

3. Menjaga kesehatan tulang
Seiring dengan menurunkan tekanan darah, potasium mencegah melemahnya tulang dalam tubuh. Asupan sodium yang tinggi, dapat menyebabkan jumlah kalsium berlebihan yang akan hilang melalui urine, yang mengancam tidak hanya kekuatan dan kesehatan tulang, tetapi juga secara negatif mempengaruhi pembekuan darah, kontraksi otot, dan fungsi sistem saraf normal. Kalium yang ditemukan dalam pisang menetralkan natrium dalam jumlah tinggi dalam diet seseorang, sehingga menjaga jumlah kalsium yang sehat di dalam tubuh.

4. Penyerapan Gizi dalam Jumlah Tinggi
Kalium dalam pisang bukan satu-satunya cara untuk memastikan tingkat kalsium yang sehat dalam tubuh. Pisang juga mengandung tingkat fructooligosaccharide (FOS) yang tinggi - bersama dengan insulin - meningkatkan penyerapan kalsium. FOS memelihara bakteri sehat dalam usus besar yang memproduksi vitamin dan enzim pencernaan yang meningkatkan kemampuan tubuh secara keseluruhan untuk menyerap nutrisi.

5. Mengobati diare dan sembelit
Jumlah kalium yang tinggi dalam pisang dapat membantu meningkatkan kadar elektrolit yang habis saat Anda menderita diare. Selain itu, pisang dapat meringankan tubuh dari sembelit dan membantu memulihkan pencernaan biasa dengan pektin, polisakarida larut yang membantu menormalkan saluran pencernaan.

6. Menjaga kesehatan perut
Pisang melindungi perut dalam dua cara. Pertama, mereka memicu produksi lendir di lambung, yang bisa mencegah penyakit asam lambung. Kedua, pisang memiliki inhibitor protease, suatu zat yang memecah bakteri dalam perut yang menyebabkan bisul. Selain itu, pisang juga menghambat replikasi sel-sel dan virus tertentu, termasuk HIV.

7. Pencegahan Kanker
Sebuah penelitian besar yang dilakukan oleh Internal Journal of Cancer menggambarkan bahwa orang yang mengkonsumsi pisang empat sampai enam kali seminggu mempunyai resiko lebih rendah untuk terkena kanker ginjal. Hal ini sudah pernah dibuktikan kepada subjek Wanita, dan kadar penurunannya mencapai 50%.

8. Vitamin B6
Satu buah pisang mengandung 34% vitamin B6, yang berperan penting dalam kesehatan tubuh. Sebagai contoh, B6 dalam pisang bertindak sebagai agen anti-inflamasi yang membantu menangkal penyakit jantung, diabetes tipe II, serta obesitas. B6 juga berkontribusi terhadap pemeliharaan kelenjar limfoid yang menjamin produksi sel darah putih yang sehat yang melindungi tubuh dari infeksi. Vitamin B6 dalam pisang memainkan bagian penting dalam pembentukan sel dan fungsi sistem saraf yang tepat, membuat satu pisang sehari menjadi pilihan yang sehat dan lezat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar